Sunday, July 1, 2018

Hama Tempat tinggal yang Kerap Nampak serta Merugikan

Hama yaitu hewan yang kemunculannya tak dikehendaki serta merugikan manusia baik dengan cara estetis ataupun ekonomis. Bila umumnya kita ulas hama tanaman, jadi kesempatan ini kita bakal ulas hama tempat tinggal yang kerap nampak serta merugikan.

Pemicu hama tempat tinggal nampak tak tentu. Tetapi umumnya nampak pada tempat tinggal yang kurang bersih serta pengelolaan sampahnya kurang baik. Diluar itu hama tempat tinggal dapat juga datang pada tempat tinggal yang didalamnya terdapat banyak sumber makanan, seperti sayur, biji-bijian atau buah-buahan.

Almari, gudang serta dapur yaitu tempat favorite untuk hama untuk datang serta bersarang. Jika anda ingat, ditempat tersebut umumnya kita kerap simak hama yang punya potensi merugikan itu nampak. Jadi, apapun hama tempat tinggal yang kerap nampak serta merugikan itu?

1. Nyamuk 

Nyamuk yaitu type serangga yang memiliki type mulut penusuk serta penghisab darah. Mempunyai berat cuma 2-2, 5 mg, nyamuk dapat terbang pada 1, 5 sampai 2, 5 km/jam (wikipedia. org).

Nyamuk menghisab darah untuk memperoleh protein yang dibutuhkan. Gigitan nyamuk mengakibatkan kulit merasa gatal serta bentol-bentol. Sebagian type nyamuk cukup ditakuti lantaran dapat menebarkan penyakit yang beresiko seperti Malaria, Demam Berdarah Dengue (DBD) serta Filaria (kaki gajah).

Terdapat beberapa langkah untuk menghindar kehadiran nyamuk dirumah kita atau menghindar efek bahayanya diantaranya dengan :

a. menghindar terjadinya genangan air, menghilangkan bila ada
b. pemakaian gorden jendela anti nyamuk
c. pemakaian kelambu pelindung
d. pemakaian lotion anti nyamuk dengan aroma dapat mengusir nyamuk
e. jauhi terjadinya genangan air
f. aplikasi fogging (pengasapan) serta
g. pemakaian alat pengusir nyamuk yang dapat keluarkan gelombang ultrasonik.

Diluar itu untuk membasmi hama nyamuk dapat memakai insektisida penghilang nyamuk serta raket listrik penghilang nyamuk. Terutama dari ini seluruhnya yaitu dengan mengaplikasikan style tidak mati bersih hingga nyamuk tak kerasan ada dirumah kita.

2. Lalat (flies) 

Kata apa yang ada pada benak anda waktu mendengar kata “lalat”? Jijik, jorok, serta kotor yaitu sebagian kata yang lekat dengan hewan satu itu. Lalat yaitu hewan yang kerap kita temui ditempat kotor seperti pada tumpukan sampah serta buah sayuran busuk atau pada bangkai hewan.

Kerapkali sesudah dari tempat jorok yang tadi lalat, lalat datang pada makanan kita, seperti sayuran, buah-buahan maupun makanan siap saji dengan maksud untuk menempatkan telur.

Nah, inilah bahayanya..! Di saat yang sama lalat yang tadi membawa jutaan kuman yang punya potensi jadi penyakit. Penyakit kolera, diare, hepatitis, TBC, typus, yaitu sebagian type penyakit beresiko yang ditularkan oleh lalat. Cara-cara ingindalian lalat pada dengan :

a. lakukan fogging (pengasapan)
b. bersihkan selokan serta got yang terhalang
c. menaruh serta tutup makanan supaya tak dihinggapi lalat
d. serta yang terutama yaitu melindungi kebersihan tempat tinggal dengan buang sampah pada tempatnya.

3. Kecoak (cockroaches) 

Kecoak yaitu satu diantara hewan yang aktif pada malam hari (nocturnal) untuk mencari makanan, maka dari itu tidak heran kecoak kerap tampak di dapur atau meja makan. Ada peluang kecoak mengonsumsi sayuran kita dan meninggalkan kuman penyakit di sana.

Kecoak, pada siang harinya bersembunyi serta bersarang pada tempat yang lembab serta hangat. Diantaranya umpamanya pada almari dapur, belakang almari, gudang, retakan dinding, atau pada perlengkapan rumah tangga yang tidak sering dipakai.

Kecoak, seperti lalat di kenal sebagai hama tempat tinggal yang kerap hinggap ke tempat kotor serta jorok seperti timbunan sampah. Hingga “image” menjijikkan cukup lekat pada hewan satu itu.

Kecoak dapat dibuktikan beresiko lantaran bertindak sebagai vektor sebagian penyakit seperti diare, typus, hepatitis, serta keracunan. Menghindar hadirnya kecoak yaitu hal harus dikerjakan supaya tak tertular penyakit yang dibawanya.

Kita tidak tau tentu kapan kecoak itu datang serta bersarang dirumah kita. Yang tentu efek negatif disebabkan kecoak dapat dihindari dengan mengaplikasikan style tidak mati yang bersih serta sehat dirumah kita diantaranya lewat cara :

a. beberapa kerap bersihkan tempat tinggal, perlengkapan ataupun bekas sampah tempat tinggal tangga
b. tutup makanan rapat-rapat, serta
c. dan aplikasi insektisida (kapur “ajaib”) bila dibutuhkan.

4. Tikus (rats)

Tikus yaitu hewan mamalia yang juga bertindak sebagai hama tempat tinggal. Sebagai hama tempat tinggal tikus cukup menyebalkan. Dari demikian type tikus, tikus curut yaitu tikus yang kerap didapati didalam tempat tinggal.

Tikus curut tidak cuma mengonsumsi apa yang ada di dapur seperti makanan, tikus curut juga sukai makan peralatan rumah tangga seperti kabel. Serta tidak kalah menyebalkan lagi bekas kotorannya menyebabkan bau yang sangatlah tak enak.

Bila kita temui dirumah ada tikus curut jadi waspadalah lantaran tikus curut punya potensi menularkan penyakit beresiko seperti Pes. Diluar itu kehadiran tikus curut dirumah juga punya potensi menarik predatornya (ular) datang ke tempat tinggal kita.

Oleh karenanya, tikus curut butuh dikendalikan. Langkah mengatur tikus curut dapat dengan :

a. menempatkan lem perekat tikus
b. menempatkan toksin tikus
c. menempatkan perangkap jebakan tikus (penjepit tikus)
d. menyebar kamper tikus yang berperan mengusir tikus jauh dari tempat tinggal kita.

5. Semut (ant) 

Semut sebagai satu diantara type hama yang kerap nampak dirumah, mencari makanan yang terasa manis seperti roti atau gula. Kehadiran semut dalam jumlah sedikit mungkin saja tidak permasalahan, tetapi bila telah bersarang bakal membuat beberapa ribu koloni yang mengerikan. Terlebih semut type semut api yang sukai menggigit serta menyebabkan rasa panas terbakar.

Oleh karenanya, kita butuh mengaplikasikan pola tidak mati bersih supaya hewan itu tak bersarang dirumah kita. Ingindalian yang dikerjakan yaitu :

a. tutup rapat makanan manis, serta
b. memberi kapur “ajaib” yang dapat menghindar semut datang ke tempat tinggal kita.

6. Rayap (termite) 

Apakah itu rayap? Pertanyaan singkat kerap nampak di halaman mbah gugel. Rayap di kenal sebagai hewan perusak perlengkapan rumah tangga. Rayap bersayang didalam perlengkapan memiliki bahan kayu seperti almari, pintu serta membuatnya jadi rusak.

Makanan rayap terkecuali selulosa pada kayu, juga selulosa pada sabut kelapa, kertas, karton atau tekstil. Rayap di ketahui juga konsumsi jamur serta tanah.

Cara-cara mengatur rayap yaitu dengan :

a. buang sampah kayu seperti potongan batang kayu di seputar tempat tinggal, serta
b. mengaplikasi termitisida pada daerah yang disangka sarang rayap.

Nah, meskipun didalam tempat tinggal merugikan, di rimba rayap bertindak positif dalam mengurai sampah organik seperti ranting pohon, batang kayu maupun serasah daun. Akhirnya yaitu humus yang jadikan rimba jadi subur.

Nah, berdasar pada uraian diatas, 6 hama tempat tinggal itu punya potensi mengakibatkan kerugian disebabkan keberadaannya didalam tempat tinggal yaitu :


  1. Mengonsumsi bahan makanan, seperti semut serta tikus
  2. Mengakibatkan kerusakan perlengkapan rumah tangga, seperti rayap
  3. Vektor penyakit, seperti lalat serta kecoak pemicu penyakit diare, typus, hepatitis dan sebagainya, nyamuk pemicu penyakit malaria, DBD dan sebagainya.
  4. Memancing predator lain datang seperti tikus memacing ular datang
  5. Meninggalkan bau kotoran yang tidak enak seperti kotoran tikus


Lihat potensi kerugian disebabkan hama tempat tinggal itu, pasti kita tidak mau tempat tinggal kita jadi sarang hama itu kan? Telah pasti…! jadi mulai saat ini, mari kita aplikasikan pola tidak mati bersih supaya hama tempat tinggal itu tak datang ke tempat tinggal kita..!

Sekian artikel perihal hama tempat tinggal yang kerap nampak serta merugikan. Mudah-mudahan berguna untuk kita seluruhnya.

No comments:

Post a Comment