Monday, July 2, 2018

Mudahnya Bikin Pupuk Kalium Organik Cair

Seperti judul “Mudahnya Bikin Pupuk Kalium Organik Cair”, kesempatan ini gw bakal menulis artikel perihal bagaimanakah bikin pupuk kalium organik atau alami dengan gampang.

Yap, tidak kecuali masalah pupuk organik juga juga banyak petani yang cobalah membuatnya. Dengan bahan yang gampang diperoleh dan murah harga nya namun kita dapat membuahkan pupuk yang bermanfaat untuk tanaman anda.

Penasaran bagaimanakah mudahnya bikin pupuk kalium organik cair? Baiklah, jika gitu simak hingga usai ya

Faedah, Peran serta Manfaat Pupuk Kalium untuk Tanaman 

Saat sebelum mengulas bagaimana caranya bikin, kita bakal me-refresh kembali sebagian faedah, peran serta manfaat pupuk berunsur kalium untuk tanaman, yakni :

  1. Mempercepat sistem pembungaan serta pembuahan  
  2. Bertindak untuk menguatkan organ tanaman, daun, bunga serta buah supaya tak gampang rontok 
  3. Tingkatkan ketahanan tanaman dari keadaan cekaman lingkungan, baik ini kekeringan atau dari serangan penyakit.  
  4. Tingkatkan kwalitas, dari mulai rasa, warna dan bobot panen 
  5. Tingkatkan daya taruh buah serta tak gampang busuk 

Berdasar pada poin-poin di atas, pupuk kalium yang berbentuk mobile (bergerak berbentuk ion K+ dalam sel/jaringan tanaman), memiliki peran yang cukup vital dalam menguatkan ketahanan tanaman, hingga tanaman dapat bertahan dari kekeringan serangan penyakit yang menyebabkan pada kegagalan tanaman dalam membuat buah serta buah (tak gampang rontok).

Tanda-tanda Kekurangan Kalium 

Kekurangan Kalium (K) atau Potassium umumnya bisa di ketahui dari gejalanya yang khas yaitu ; daun-daun terlebih daun tua bakal mengeriting namun tak rata. Lalu muncul bercak-bercak bewarna merah kecoklatan, lalu daun bakal jadi kering serta mati.

Anda dapat tahu tanda-tanda tanaman kekurangan kalium, atau unsur lainya dengan meihat tanda-tanda pada daunnya.

Type Pupuk Kalium 

Pupuk kalium yang umum serta biasanya petani pakai (kandungan K tinggi) yaitu type pupuk kimia atau anorganik yaitu KCl (Kalium Klorida), KNO3 (Kalium Nitrat) serta ZK (Kalium Sulfat). Ke-3 nya semasing mempunyai keunggulan serta kekurangan.

Bahan yang Memiliki kandungan Kalium Organik/Alami 

Bahan yang memiliki kandungan kalium organik tinggi diantaranya rebung, air kelapa serta sabut kelapa. Supaya dapat dipakai, bahan sumber kalium organik tinggi itu mesti difermentasikan terlebih dulu.

Langkah Bikin Pupuk Kalium Organik/Alami Cair 

Langkah bikin pupuk organik cair pada prinsipnya tidak jauh tidak sama waktu bikin pestisida nabati (PESNAB) maupun zat pengatur tumbuh (ZPT) organik. Lantaran berbahan organik jadi butuh di jabarkan lewat cara difermentasikan.

Sistem fermentasi sendiri dipakai dengan menggunakan mikroorganisme lokal atau EM4 (Effective Microorganisme). Terkecuali supaya sistem ekstraksi (penguraian) jalan dengan prima, fermentasi mempunyai tujuan supaya sistem penguraiannya jalan lebih cepat dan menetralkan bau yang diakibatkan.

Saat sebelum mulai bikin, janganlah lupa siapkan bahan serta alat yang dibutuhkan. Nah kesempatan ini kita cobalah buat pupuk kalium organik cair dengan bahan air serta sabut kelapa dahulu, tetapi bila anda dapat menghimpun bahan yang lain pasti ini tambah baik.

Beberapa bahan :

  • Sabut kelapa 20 kg 
  • Air kelapa 1 liter 
  • Air bersih 40 liter 
  • EM4 100 ml 
  • Tetes tebu/gula pasir 100 ml/100 gram 

Alat-alat :

  • Drum bekas 
  • Timbangan 
  • Pisau 
  • Saringan 

Beberapa langkah bikin pupuk kalium organik cair :

  1. Siapkan sabut kelapa serta timbang 20 kg (potong kecil-kecil) 
  2. Lantas lalu masukkan kedalam drum 
  3. Lantas tuang air bersih kurang lebih 40 liter 
  4. Lalu tuang beberapa bahan lain seperti air kelapa, gula serta EM4. 
  5. Lalu aduk rata serta tutup rapat 
  6. Biarlah 2-3 minggu sampai fermentasinya sempurna 
  7. Buka serta saksikan apakah air rendaman sudah beralih warna kehitaman bila iya, pupuk organik cair sudah bisa digunakan 


Langkah Aplikasi Pupuk Kalium Organik Cair 

Disemprotkan pada daun, yaitu pada tanaman yang akan masuk fase generatif atau pembungaan. Untuk dosisnya lebih kurang 1-2 liter/tangki (lantaran organik, belum ada dosis tentu).
Dikocorkan pada lubang tanam atau pada lubang pupuk. Dosisnya lebih kurang 1 liter/timba 8 liter (lantaran organik, belum ada dosis tentu).

Bikin pupuk kalium organik cair nyatanya gampang, bukan? Dengan tehnis yang gampang, cost yang murah pasti siapa saja dapat membuatnya. Terkecuali menghemat cost, pasti penggunaan pupuk organik bisa hindari rusaknya tanah disebabkan penggunaan pupuk kimia yang terlalu berlebih.

No comments:

Post a Comment