Tuesday, July 3, 2018

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Faedah Media Tanam Sekam Padi

Beras adalah makanan pokok beberapa orang Indonesia, dengan berkurangnya kwalitas padi dapat sangatlah punya pengaruh pada kulitas beras yang kita mengkonsumsi hingga harga beras juga turut punya pengaruh. Cara dengan media tanam sekam padi telah mulai banyak dikerjakan untuk memakai limbah padi supaya tak terbuang sia-sia tetapi berikan faedah juga untuk lingkungan.

Sekam padi yaitu limbah yang dihasilkan dari sisa penggilingan beras, sekam padi itu telah lewat sistem pembakaran terlebih dulu. Sekam padi itu selanjutnya mempunyai faedah yang sangatlah bermanfaat dalam bagian pertanian atau industri serta beberapa petani juga kerap memakai sekam padi itu untuk sistem penggemburan tanah.

Faedah Media Tanam Sekam Padi 


1. Sebagai penangkal kucing yang mengganggu 
Umumnya kucing kerap bermain-main di halaman tempat tinggal atau di kebun tempat tinggal kita hingga mengganggu atau mengakibatkan kerusakan tanaman yang telah kita tanam. Yang lebih parahnya lagi kucing itu kerap buang air besar di kebun kita. Untuk menangani itu anda cukup menaburkan sekam padi yang agak tidak tipis di tanah serta seputar tanaman. Nyatanya kucing tidak ingin bermain atau buang air di situ lantaran bentuk sekam yang tajam bikin kucing takut serta tak kerasan.

2. Untuk memperindah kebun dengan mulsa 

Mulsa yaitu pelindung tanah yang umumnya ditempatkan di sekitar tanaman, mulsa dapat terbuat dari jerami, kertas koran, serta plastik. Faedah mulsa yakni untuk melembapkan tanah, menghalangi ada gulma, dan disenangi oleh makhluk renik yang ada didalam tanah. Pemakaian sekam sebagai mulsa bikin kebun serta tanamanmu jadi lebih indah serta rapi.

3. Sebagai penangkal bekicot 

Bekicot senantiasa jadi musuh tanaman muda, nampak pada malam hari kemarin mengonsumsi tanaman-tanaman yang masih tetap muda itu. Untuk menangani bekicot yang mengganggu sebarkan sekam di tanaman anda, ditanggung beberapa bekicot ini akan tidak berani mendekat. Lantaran bekicot mempunyai perut yang lunak hingga akan tidak mampu melalui sekam yang tajam.

4. Sekam bakar bermanfaat untuk media tanam 

Anda dapat memakai sekam bakar sebagai media taman, langkahnya bakar dulu sekam itu. Dapat dibakar setengahnya atau semuanya, ini pilihan anda, lantas campur sekam ini dengan tanah serta kompos, sesudah dibakar barulah dapat dipakai sebagai media tanam. Keuntungan memakai sekam bakar itu yaitu banyak unsur hara pada tanaman serta memudahkan mobilitas pot tanaman.

5. Tingkatkan susunan tanah 

Campurkanlah sekam padi dengan media tanam contohnya pot atau polybag jadi tanah anda bakal gembur serta poros. Tanaman suka pada type tanah yang seperti ini, akarnya juga banyak serta merambat ke beragam arah.

Faedah Sekam Bakar Untuk Media Tanam 


  1. Untuk mengikat unsur hara pada tanaman. 
  2. Bisa melakukan perbaikan tingkat keasaman tanah. 
  3. Kandungan silika yang ada pada sekam bakar bakal menguatkan daun hingga daun-daun jadi lebih tegak. 
  4. Menguatkan tanaman serta mendorong perubahan beberapa sel tanaman. 
  5. Tempat tidak mati yang baik untuk jasad renik atau mikroba yang berguna. 


Sekam padi berperan untuk menggemburkan tanah hingga bikin akar tanaman menyerap unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Untuk type tanaman hias ada dua type sekam padi bakar yang bisa dipakai yakni yang hangus sejumlah 50% untuk media tanam atau digabung serta yang ke-2 yakni yang hangus 100% baik untuk media tanam atau digabung.

Sesungguhnya seluruhnya type tanaman dapat tumbuh dengan baik dengan sekam bakar dengan keuntungan serta faedahnya yang banyak. Namun memanglah harga nya lebih mahal lantaran sistem membuatnya mengonsumsi banyak saat serta memerlukan banyak bahan bakar. Sekam bakar dapat juga jadi bahan organik serta kompos yang baik untuk tanah.

Bahkan juga, yang lebih menarik lagi, tanaman masih tetap dapat tidak mati tanpa ada tanah namun masih tetap dapat tidak mati diatas sekam bakar atau abu sekam. Hal semacam itu karena ada ada kandungan unsur hara yang baik untuk tanaman pada sekam bakar itu. Walau demikian, kandungan unsur hara dalam media tanam sekam padi itu baiknya terus mesti digabung dengan pupuk buatan supaya nutrisinya makin bertambah. Tentu menambahkan dengan pupuk buatan juga mesti sesuai dengan beberapa hal yang lain.

No comments:

Post a Comment